Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Tahanan Politik Orde Baru

Tahanan Politik Orde Baru

Dengan upaya tersebut diharapkan akan tercipta kelas pengusaha pribumi yang mampu meningkatkan produktivitas barang dan modal domestik. Sayangnya dalam pelaksanaan muncul masalah karena dalam pelaksanaan Program Benteng, pemberian lisensi impor banyak yang disalahgunakan. Mereka yang menerima lisensi bukanlah orang-orang yang memiliki potensi kewiraswastaan yang tinggi, namun orang-orang yang mempunyai hubungan khusus dengan kalangan birokrat yang berwenang mendistribusikan lisensi dan kredit. Penyelewengan lain dalam pelaksanaan Politik Benteng adalah dengan cara mendaftarkan perusahaan yang sesungguhnya merupakan milik keturunan Cina dengan menggunakan nama orang Indonesia pribumi. Orang Indonesia hanya digunakan untuk memperoleh lisensi, pada kenyataannya yang menjalankan lisensi tersebut adalah perusahaan keturunan Cina. Pada period reformasi, gejala-gejala itu sulit dihilangkan karena telah mengakar di setiap lembaga negara, maupun di kalangan bisnis dan profesional.

Politisi yang merampok uang negara untuk menambah pundi- pundi kekayaannya adalah hal yang lumrah dan kerap terjadi. Sikap tamak dan keinginan untuk memperkaya diri adalah godaan yang sulit ditaklukkan. Hampir tidak ada aspek yang menyangkut hajat hidup orang banyak yang tidak ditentukan oleh keputusan politik. Dalam sistem demokrasi, melalui politik, orang yang terpilih diberi kekuasaan untuk mengelola negara. Baik atau buruk suatu negara sedikit banyak ditentukan oleh kualitas orang- orang yang mengurus negara.

Bank Indonesia meyakini basic industri perbankan dalam negeri cukup kuat, sehingga financial institution sentral meminta sejumlah kalangan agar tetap optimistis. Direktur Bank NISP Rudy Hamdani menyatakan pihaknya mulai ‘mencium’ gelagat dampak dari gejolak perekonomian dunia terhadap perekonomian dalam negeri, disusul peningkatan suhu politik menjelang 2009. Akan tetapi di sisi lain, di tengah indikator ekonomi akabibat kenaikan harga bahan bakar minyak, yang berpengaruh besar dan cenderung negatif terhadap perilaku bisnis, kalangan perbankan merasa optimis dapat meningkatkan pertumbuhan kredit. Suhu politik Pemilu 2009 yang sudah mulai terasa, diharapkan dapat mendorong gairah perekonomian.

Contohnya, ketika pemilihan presiden, kepala daerah, atau saat memilih wakil-wakil mereka yang akan duduk di kursi parlemen, baik di pusat maupun di daerah. Dari kondisi politik yang demikian ternyata pengaruh terhadap sektor ekonomi tidak begitu signifikan. Secara politik, kebijakan ini memacu pertumbuhan sektor swasta, termasuk swastanisasi BUMN. Pemerintah terpaksa menerima tawaran IMF untuk menyetujui Nota Kesepakatan menuju reformasi ekonomi. Pemerintah semakin didesak untuk melepaskan keterlibatannya dari bisnis dan untuk lebih menjalankan fungsi sebagai perlengkapan politik supaya dapat bertugas menyehatkan sistem ekonomi. Sistem peraturan hukum yang kuat sangat dibutuhkan untuk menopang kinerja reformasi ekonomi.

Politik masa ini

Sehingga siapapun presidennya akan berusaha mendapatkan dukungan politik sebesar-besarnya unttuk mengamankan dan memantapkan pemerintahannya,” katanya. Upaya untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik tampaknya akan banyak kendala. Bahkan pemerintah akan makin sulit meyakinkan masyarakat bahwa aspirasinya diakomodasi. Munurut Zuhro, bertolak dari kondisi existing seperti itu, masa depan demokrasi dan politik Indonesia bisa jadi akan suram . Demokrasi di persimpangan jalan karena tarikan untuk kembali ke sistem otoritarian makin kencang,” sebutnya.

Comments are closed.