Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Pontianak Masuk Stage Empat, Ppkm Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Pontianak Masuk Stage Empat, Ppkm Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Jokowi pun meminta pemerintah daerah untuk meneguhkan komitmennya dan mempertajam penerapan PPKM Mikro. Dia juga meminta agar posko-posko COVID-19 di desa atau kelurahan dioptimalkan. Hal itu didasarkan atas kondisi ekonomi, kondisi sosial, dan kondisi politik Indonesia.

“Dan, pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan COVID-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas,” imbuhnya. Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19 sekaligus melandaikan angka positif Covid-19 sehingga program vaksinasi massal yang dicanangkan pemerintah berjalan dengan efektif. Namun perlu diingat, vaksin bukanlah solusi ampuh untuk menghilangkan Covid-19. Vaksin hanya digunakan untuk memberikan kekebalan individual dan perlindungan masyarakat. Diharapkan dengan program vaksinasi massal akan terbangun kekebalan masyarakat . Kekebalan masyarakat akan berjalan efektif jika jumlah angka positif sudah melandai.

Dalam pernyataan lewat video yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli tak disampaikan Jokowi secara gamblang. Padahal kalimat itu tertera dalam salinan poin-poin pidato Presiden yang beredar di kalangan wartawan. Presiden Joko Widodo berbincang dengan pemilik warung di kawasan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, 25 Juni 2021. Jokowi melakukan inspeksi mendadak untuk meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di wilayah RW 01, Kelurahan Rawasari.

Demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak sejumlah pembatasan kegiatan selama ini, Jokowi melanjutkan, pemerintah juga meningkatkan penyaluran bantuan sosial. Menurutnya, keberadaan posko COVID-19 sampai di tingkat terkecil ini sangat penting yakni untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat seperti menerapkan protokol kesehatan “3M” untuk mendukung penguatan “3T” yang dilakukan oleh pemerintah. Trubus menilai kegamangan sudah sejak awal dengan pemerintah mengubah-ubah kebijakan penanganan COVID-19 dari Pembatasan Sosial Berskala Besar , PSBB ketat, PSBB transisi, kemudian PPKM, PPKM mikro, penanganan berbasis komunitas, PPKM darurat hingga PPKM level four. Kepala Negara memandang bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan pengendalian COVID-19 yang paling tepat dalam situasi saat ini karena dinilai bisa mengendalikan pandemi tanpa mematikan ekonomi rakyat. Lebih lanjut, baik PPKM Mikro maupun kuncitara memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat sehingga tidak perlu dipertentangkan. Selain itu, juga pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher pulsa, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat s.d.

Politik PPKM

Juga sebagai bentuk daya dukung Pemerintah dalam mengakomodir kepentingan yang lebih luas. Dia mengatakan, penyebaran virus corona varian delta ini bisa 5-6x lebih cepat. Keputusan tersebut disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendi dari hasil rapat rapat terbatas bersama presiden.

PPKM darurat bakal membatasi aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada PPKM pikro. Dalam jangka pendek terkait kompensasi BLT, Rino menggarisbawahi adanya information berbeda-beda, perlu dilakukan penelusuran dan replace data baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Rino menyambut baik langkah dari Kemensos yang mematikan beberapa akun yang sebenarnya sudah tidak ada yang terkadang masih memunculkan information yang tidak sama antara pemda dan kemensos atau pemerintah pusat. “Pemerintah tetap mendorong percepatan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat.

Sesuai instruksi tersebut seluruh Desa Membuat Posko PPKM salah satunya Desa Bajubang Laut kecamatan Muarabulian. Posko ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang terus meningkat. Tanggal 2 Maret 2020, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo didampingi Menkes kala itu Terawan Agus Putranto umumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang.

Sebaliknya, jika dinilai tidak efektif dalam menekan laju penularan covid-19, tidak perlu dipaksakan untuk diperpanjang. KONTAN.CO.ID -JAKARTA.Pemerintah akan menentukan apakah PPKM stage 4 akan diperpanjang atau dilonggarkan ke stage 3 pada Senin (2/8) hari ini. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menuturkan jika diputuskan pelonggaran PPKM maka Pemerintah diminta berkomitmen dan konsisten dengan memperkuat 3T , peningkatan protokol kesehatan 5M dan percepatan vaksinasi. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jika tetap memaksakan perpanjangan PPKM Level 4 ataupun nanti dirubah namanya, maka ini sebagai catatan untuk memperluas lamanya kesusahan kehidupan masyarakat dan menambah lamanya perubahan. Mari tunjukkan peran kita sebagai warga negara yang peduli untuk saling melindungi,” kata dr Reisa. Lebih lanjut, dia mengatakan, Satgas Penanganan COVID-19 juga telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 14 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa COVID-19.

Kunto pun tidak melihat aksi Jokowi sebagai upaya untuk menarik simpati publik. Kemudian, Jokowi menyatakan pedagang kaki lima, toko kelontong, outlet voucher usaha lain sejenis diizinkan buka dengan prokes ketat hingga pukul 21.00 WIB. Kemudian warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan juga dibolehkan buka hingga pukul 21.00 WIB dan dibolehkan makan di tempat selama 30 menit. Menyelamatkan kesehatan masyarakat bisa terwujud apabila anggaran refocusing dan bantuan dana pusat diefektifkan penggunaannya,” paparnya. Seluruh anggaran untuk penanggulangan covid-19 haram disalahgunakan.

Comments are closed.