Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Enam Tahapan Menyusun Rencana Bisnis

Enam Tahapan Menyusun Rencana Bisnis

Evaluasi terhadap perencanaan dapat dilakukan dengan melakukan uji berbagai macam indikator yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hafidudin dan Tanjung merumuskan, perencanaan adalah kegiatan awal dalam sebuah pekerjaan dalam bentuk memikirkan hal-hal yang terkait dengan pekerjaan agar mendapatkan hasil yang optimum. NIlai tambah dapat berupa finansial atau profit,dan non finansia atau jejaring atau disebut juga kenalan ,pengalaman dan lain sebaginya.

Karena sebagai wajib pajak UMKM, maka ia tetap harus memenuhi kewajiban perpajakannya, yakni menyetor PPh Final sebesar 0,5% dari pendapatan bruto tersebut. Selain pertimbangan dari dalam diri Anda, Anda juga harus jeli dalam memilih perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini penting karena perusahaan yang baik akan membantu Anda mencapai karir yang Anda rencanakan. Disisi lain, perusahaan yang kurang baik tidak akan membawa karir Anda kemana-mana, bahkan mungkin Anda tidak memperoleh pengetahuan tambahan atau apapun selepas bekerja dari sana. Dalam memilih perusahaan cobalah melihat bagaimana perusahaan tersebut mendukung karyawan baik dalam suasana kerja, kesempatan yang diberikan untuk pengembangan diri dalam proyek, atau kesempatan memperoleh jenjang karir yang lebih tinggi.

Anda tentu membutuhkan bahan baku, pengadaan bahan baku tentu berkaitan dengan sumber modal. Dalam dunia bisnis, sebenarnya intinya adalah menekan biaya modal atau produksi agar seminimal mungkin dan menjual produk untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin. Maka dari itu, jangan pernah melewatkan pembuatan business plan ketika Anda berniat untuk memulai sebuah usaha. Dengan memiliki rencana matang, Anda akan lebih siap dalam menghadapi berbagai perubahan dan hambatan serta sudah mempersiapkan strategi yang matang untuk mengatasinya dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Perencanaan dapat membantu Anda menilai dan memantau bagaimana perusahaan Anda saat ini berkembang dan bagaimana untuk terus tumbuh ke depan. Rencana yang realistis dan sesuai dengan target akan bermanfaat bagi kesiapan bisnsi Anda. Contoh ketika Anda ingin mempromosikan produk Anda di suatu daerah, tentunya Anda harus meneliti kehidupan di sana terlebih dahulu untuk menemukan strategi bisnis yang sesuai. Dengan Perencanaan Strategi pemasaran perusahaan Anda dapat menentukan cara atau langkah yang akan di ambil untuk pemasaran, sehingga layanan jasa atau produk bisa dengan mudah diterima oleh konsumen. Dengan rencana bisnis, investor dapat mengetahui apakah dana yang akan diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan serta dapat mendapat gambaran resiko yang akan dihadapi bila berinvestasi.

Beberapa hal penting yang perlu dianalisis, antara lain tingkat persaingan, siklus harga, tren produk, perilaku konsumen, dan sebagainya. Mengingat, segmentasi pasar selalu berubah-ubah setiap waktu, begitu juga dengan peluang yang ada. Sesuai peruntukannya, rencana bisnis yang satu ini digunakan untuk membantu pelaku usaha dalam memulai karier di dunia bisnis.

Yang perlu ditekankan disini adalah pendekatan ”dari bawah ke atas dan berusaha memberi wewenang masyarakat untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Pusat beban perencana dipindahkan dari pemerintah dan penguasa kota kepada masyarakat. Ketika akan membuat sebuah rencana marketing, sebaiknya Anda membentuk tim yang di dalamnya diisi dengan para karyawan yang berkompeten. Jika kesulitan dalam mencari orang tersebut dalam perusahaan Anda, maka Anda dapat memanfaatkan bantuan dari perusahaan jasa konsultan IT untuk merencanakan marketing perusahaan Anda.

Pentingnya rancangan bisnis

Rencana perdagangan selanjutnya adalah menentukan bonus yang akan diberikan kepada pelanggan. Baik dalam bentuk diskon, hadiah langsung, atau membeli tiga produk, Anda mendapatkan 1 produk yang sama, dan lainnya. Jika rencana ini diproses dan diimplementasikan dengan cermat, tentunya pelanggan tidak akan bosan berbelanja.

Comments are closed.